Home » » Tips Menjaga Komputer Agar Tidak Lemot

Tips Menjaga Komputer Agar Tidak Lemot

Written By Malas Online on Tuesday 30 June 2015 | 08:45

Malam ini mumpung saya lagi gak ada kerjaan mending buat postingan di blog ini. Oke, pada postingan saya ini saya kembali ingin berbagi tips bagi agan dan aganwati yg memiliki PC (Personal Computer) yg responnya agak lemot mungkin. Sebenarnya ada banyak faktor yg membuat PC kita lemot, jadi disini kita akan membahas satu persatu. Sebelumnya sediakan secangkir kopi/teh, kalau bisa sedikit camilan dan beberapa lagu santai saat membaca postingan saya, hehehehee,,





1. Memory
Yang pertama terlintas di fikiran saya memory, terkadang orang awam sering keliru memory dan hardisk. Memory (RAM) merupakan tempat penyimpanan aplikasi yg sedang berjalan di PC kita. Maksudnya jika agan menjalankan aplikasi yg cukup banyak namun memory agan minim, yowis lemot tu PC agan. Solusi dari saya upgrade memory, karena di pasaran harga memory tidaklah terlalu mahal. Atau jika agan tidak ingin mengeluarkan banyak uang, agan bisa mengakalinya dengan menghapus aplikasi yg sekiranya tidak agan terlalu butuhkan. Sehingga penggunaan memory tidak terlalu berat.


2. Overheat
Overheat merupakan dimana keadaan PC terlalu panas. Ini bisa di akibatkan oleh debu yg berada di sekitar heatsink/kipas di processor PC kita. Jika agan bisa membongkar casing samping PC agan, agan bisa membersihkannya sendiri dengan kuas/penyemprot debu. Tapi jika agan merasa takut agan bisa memanggil teknisi untuk membersihkannya.Perhatikan juga posisi CPU, kalau bisa jangan di taruh di tempat yg rawan terkena debu/suhu terlalu panas.



3. Hardisk
Menurut saya kesehatan hardisk juga lumayan penting. Karena pengalama saya kemarin hardisk yg tidak sehat/bad bisa mempengaruhi kinerja PC agan. Jadi, jagalah kesehatan hardisk agan dengan baik.



4. Virus
Virus juga merupakan salah satu faktornya. Gunakan antivirus yg handal untuk membunuh virus-virus yg ingin masuk ke komputer agan. Saya merekomendasikan MSE/Windows Defender, Avast, AVG, kaspersky.


5. Jaga Space Hardisk
Yang ini sekedar tambahan, kalau bisa space hardisk di local disk C jangan sampai terlalu penuh ya gan.

Oke cukup sekian tips dari saya. Jika agan dan aganwati ingin menambahkan atau bertanya-tanya mari tulis di kolom komen di bawah. Tidak ada salahnya kita saling tanya-tanya/sharing dengan orang lain.
Share this article :

2 comments:

  1. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi :
    http://ahlirental.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Wiarta's Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger