Home » » Menambah RAM Android dengan RAM Expander

Menambah RAM Android dengan RAM Expander

Written By Malas Online on Wednesday 21 August 2013 | 07:25

Mungkin banyak dari kalian yang mencari-cari trik atau cara meningkatkan ram pada gadget android anda. Lumayan banyak pula ponsel-ponsel android yang dibekali ram yang kecil seperti : samsung galaxy young, samsung galaxy mini, samsung galaxy ace, samsung galaxy pocket, dll.

Namun, dengan bantuan aplikasi RAM Expander kalian dapat membuat semacam virtual memory pada hh android anda. Cara menggunakannya tidak begitu susah, namun ada syarat dalam menggunakan aplikasi ini. Berikut adalah syaratnya :

1. HH android harus di root.
Kenapa harus di root? Karena aplikasi ini meminta akses rooting. Bagi yang hh androidnya belum di root silahkan search di google sesuai dengan tipe hh android anda.


2. Menggunakan kernel yang sudah support swap.
Biasanya stock rom bawaan pabrik kernelnya tidak support swap. Banyak yang menggunakan custom rom untuk mendapatkan kernel yang support swap. Maka dari itu anda harus mengganti kernel hh android anda atau menggunakan custom rom yang support dengan swap.


3. Menggunakan SD Card class 6 ke atas.
SD Card memiliki class masing-masing. Semakin tinggi class pada SD Card maka akan semakin tinggi pula kualitas untuk dijadikan swap (virtual memory).

Setelah ketiga syarat itu terpenuhi barulah kita dapat menggunakan aplikasi Ram Expander : download disini


Cara Penggunaan :
1.Install aplikasi RAM Expander seperti biasa. Setelah itu buka aplikasinya.




















2. Atur SwapFile sesuai dengan yang anda inginkan dengan aturan sebagai sebagai berikut :
512 mb = 50 swappiness
1024 mb = 100 swappiness
2048 mb = 150 swappiness
dan seterusnya



3. Setelah itu, centang swap activ, notify icon, dan autorun.
4. Proses ini biasanya membutuhkan waktu cukup lama tergantung berapa swap yang di isi tadi.



5. Jika proses pembuatan swap sudah selesai, pilih close.



Secara system memang RAM tidak akan kelihatan bertambah atau tetap. Akan tetapi jika di lihat dengan menggunakan aplikasi RAM Expander itu sendiri maka akan kelihatan Swap RAM berjalan layaknya RAM android.



Nah, demikian artikel dari blog saya. Jika ada pertanyaan bisa di tulis di kolom komentar.
Terimakasih atas kunjungannya :)
Share this article :

57 comments:

  1. mf gan,hh w galpoc? trz kernel yg mndkung swap kira2 pke yg mana? tlng blz ea,thnks

    ReplyDelete
  2. @Agus tari : maaf baru bls, habis perbaikan blog kmarin, hh anda galaxy pocket? untuk galaxy pocket bisa menggunakan kernel yg saya gunakan karena hh saya juga galaxy pocket,

    ReplyDelete
  3. Kalo sandisk class 4 bisa gk ???

    ReplyDelete
  4. @arumbinang di coba aja mas, tapi akan lebih bagus kalau semakin tinggi classnya

    ReplyDelete
  5. Hh gua advan t ,karnel yg mendukung swapnya ap ya mas?

    ReplyDelete
  6. @roby coba googling d google gan atau k forum" advan, bukannya ramnya sudah lebih dari cukup gan?

    ReplyDelete
  7. apa jadi nya klo kita tulis 2048MB : 50 swappiness ?

    ReplyDelete
  8. apa jadi nya klo kita tulis 2048MB : 50 swappiness ?

    ReplyDelete
  9. @setyo rekomendasinya 150 gan, kalau d bwah itu mungkin gak maksimal jadinya,

    ReplyDelete
  10. om.. punya ane ko' gak muncul close...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udh bener belum gan settingnya? coba ulangin sekali lagi,
      periksa dlu coba kernelnya,

      Delete
    2. aku jg kk punya aku gak keluar closenya

      Delete
    3. g kluar tulisan closenya gan...apa emng harus nungguin ampe kelar?

      Delete
  11. gan, hp ane evercoss a7. sdh di swap dengan ram expender. walhasil sudah terisi swap total, swap free maupun swap chaced. ap ini sdh mngindikasikan kberhsilan pdhal ga' gnti krnel? sblumnya pke' cross a5 jga bgtu. mmori internal yg saya pake', ap ga' pa2?sblumnya pke' cross a5 jga bgtu. mmori internal yg saya pake', ap ga' pa2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan kernel sudah support swap gpp gan

      Delete
  12. efek nya apa kalau swap nya menggunakan memory internal gimana

    ReplyDelete
  13. Ane punya galaxy Tab p 1000, kernelnya ngedukung gk ya ?, tolong respon,,

    ReplyDelete
  14. Mas ane kah ubah rom samsung pocke ke jelly blast v3(jelly bean) dan sukses tpi knapa layarnya pas dikunci mlah nyala putih dan mmc sdcard mlah ga kbca
    klo bsa bles k fb ane

    D'vortex z-geintz

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yg d kunci layarnya nyala putih itu mungkin agan ada salah pas install romnya
      kalau sd card gak kbaca itu memang bug dari romnya

      Delete
  15. mas boleh minta kernelnya gak?
    saya juga makai galpok sama kaya mas ..

    minta link download nya ya mas ..

    THK

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ini mas http://www.4shared.com/zip/YLBnRaTq/infuZionKERNEL_1.html

      Delete
  16. Gan q gk bisa nentuin hp gue bisa gk di swap merk:evercoss a5a mohon bantuannya, dan langkah2-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kernelnya masih bawaan hp jarang ada yg support swap gan, coba deh googling dulu :D

      Delete
  17. kernelnya evercoss a5a apa mas?

    ReplyDelete
  18. kernel Evercoss A5V apa gan ?
    dan minta link untuk download superuser nya bang
    tapi kalo ditambah ram nya ngehang gk agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk masalah kernel d setiap hp mending googling" deh gan,

      Delete
  19. Kalo gak di root bisa gak gan

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. rajin-rajin berkunjung gan, blog sudah aktif kembali :)

      Delete
  21. ane berhasil gan...makasi bnyk untuk blognya..bener2 membantu..
    tp cara check nya gmn gan?
    ane kurang paham cara check ram yg udh d swap
    mhn bntuanny sekali lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ceknya pakai aplikasi gan, jadi d system memory swap gak keliatann

      Delete
  22. samsung gal w bisa kagak gan. BLS.

    ReplyDelete
  23. punya ane work gan... thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap, rajin-rajin berkunjung gan :)
      blognya udh aktif kembali

      Delete
  24. gan kata nya kalo ada file "zram0" di folder /dev/block katanya support swap ram
    .itu bener ga gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau ane gan, dapet refrensi dari mana?

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Ih gua kaga bisa di buka , selalu ada bacaan
    Error! This application need ->busybox<-
    Application exit now!

    Terus gua kaga ngerti yg kernel , itu mesti di gimanain sih ? Please bales

    ReplyDelete
  27. trims master
    atas infonya.
    android saya evercoss a33
    bisa gak ya..boss :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan kernel support swap pasti bisa mas

      Delete
    2. tandanya kernel support swap gmn???

      Delete
    3. @inzomneea : Biasanya gak muncul pilihan close saat proses create Swap

      Delete
  28. Terimakasih atas kunjungannya gan

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Wiarta's Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger